Menikah dengan orang kaya, benarkah lebih bahagia?

Ingat pepatah lama "tong kosong nyaring bunyinya"? 

Tidak banyak yang melakukannya. Atau begitulah menurut saya setelah menelusuri TikTok. 

Platform media sosial itu penuh dengan orang kaya yang membanggakan saldo bank mereka, namun sebagian dari hal tersebut sering kali merupakan yang paling populer. 

Tip utama mereka untuk kaya? 

Bukan dengan bekerja keras tetapi dengan cara menikah. 

Salah satunya, Dixie D’Amelio, seorang influencer berusia 22 tahun dengan 57 juta basis penggemar yang kuat, menjadi viral karena sebuah video di mana dia mengeluh karena harus bekerja dan memutuskan untuk "menikah dengan orang kaya".

Dia bukan satu-satunya. Tagar "How To Marry Rich" telah ditonton 3,9 juta kali di platform ini dan seluruh industri online dengan lantang berjanji untuk membantu para calon pengantin melakukan hal tersebut. 

Saya tidak naif. Dixie dan banyak gadis sepertinya bukanlah orang pertama yang berencana menikah demi uang. 

Namun nasehat itu biasanya dibisikkan secara diam-diam. Kesopanan itu hilang dengan adanya video TikTok dengan subtitle besar-besar saat ini.

Tapi bukan hanya karena mereka tidak bijaksana. Mereka juga jelas-jelas salah.

Menikah demi uang saja tidak menjamin kebahagiaan, dan saya tahu karena menjalani hidup sebagai wanita yang telah melakukannya. 

Saya tumbuh dengan apa yang sekarang disebut sebagai "privilege". Dan ya, meskipun ada masa-masa sulit yang kadang terjadi, kebanyakan berjalan dengan baik. 

Suami saya tahu bahwa saya selalu menghargai kemandirian finansial, dan mengorbankannya demi kehidupan yang menyenangkan tidak pernah membuat saya tergoda. 

Tentu saja, saya menikmati liburan ke Maladewa melalui lounge kelas satu, butik Knightsbridge, dan makan siang di restoran Michelin, namun saya tidak pernah menghalalkan segala cara demi mencapai gaya hidup seperti itu.

Dan saya tidak pernah bergantung pada laki-laki untuk itu. Seandainya saya tergoda untuk menyerahkan penghasilan saya sendiri, prasangka dan cemoohan yang ditujukan kepada perempuan dalam situasi tersebut akan membuat saya sangat marah sehingga tidak bisa benar-benar menikmatinya.

Orang mungkin membayangkan digambarkan sebagai "trophy wife" adalah hal yang menyanjung, dengan segala konotasi glamornya. 

Sebaliknya, saat pertama kali saya dianggap sebagai salah satu dari mereka, saya terkejut melihat betapa hampanya anggapan orang-orang terhadap saya hingga mereka bertanya kepada saya apa yang saya lakukan.

Saya seorang penulis, yang berspesialisasi dalam jurnalisme keuangan, tetapi sering kali orang tidak mau bertanya. 

Seorang wanita yang "menikah dengan orang kaya" seperti yang dianjurkan oleh para TikToker, kehilangan identitasnya sendiri dan malah menjadi bagian dari hidup suaminya.

Saya ingat seorang pria yang parkir di luar rumah saya di Kensington, berkata saat saya memintanya untuk pergi, "Jangan pinjam mobil suami Anda kecuali dia menunjukkan cara memarkirnya, sayang."

Di sebuah galeri seni di jalan James, saya diberitahu bahwa boleh saja melakukan pemesanan tapi suami saya harus mengizinkannya. 

Seorang penjual di toko furnitur di King’s Road dengan senang hati memberitahu bahwa toko tersebut buka pada akhir pekan ketika suami saya mungkin bebas untuk mampir dan menyetujui pilihan saya. 

Daftar penghinaan kecilnya panjang. Tentu saja, hal ini mungkin terdengar tidak relevan bagi gadis-gadis muda pencari sensasi yang tergoda oleh pesona pria kaya. 

Mengapa mereka peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain ketika mereka diberi uang oleh suami mereka dan tidak perlu bekerja sehari pun? 

Namun izinkan saya menambahkan satu kata peringatan. Saya telah mengenal banyak Cinderella dalam hidup saya dan hanya sedikit, jika ada di antara mereka, yang mendapatkan akhir yang bahagia. 

Ya, sepertinya ini dimulai dengan baik. Pernikahan musim panas di kastil Tuscan memang seperti dongeng, begitu pula gaun couture dan cincin berlian sepuluh karat.

Saya mengenal wanita yang suaminya memberinya uang belanja 200 juta rupiah seminggu selama masa pernikahan. 

Yang tidak bisa dibeli oleh kekayaan, tentu saja, adalah stabilitas emosi atau ketenangan pikiran. 

Baik untuk mereka maupun suami mereka. 

Ketakutan yang hampir terus-menerus akan tidak menjadi cukup atau digantikan oleh seseorang yang lebih baik memastikan tidak ada pihak yang bahagia. 

Seringkali hanya masalah waktu sebelum detektif swasta diseret untuk mengikuti pasangannya, atau pengacara didatangkan untuk melacak transaksi keuangan. 

Ketika Anda mengambil pendekatan transaksional dalam hubungan, Anda meminta untuk diperlakukan seperti komoditas. Tak pelak, hal itu mulai berjalan salah. 

Dan ketika keran uang dimatikan, tindakan yang lebih nekat dan inventif terkadang diperlukan oleh perempuan yang menikah demi uang dan tidak mempunyai penghasilan sendiri. 

Baru-baru ini saya mengetahui sebuah toko di Jalan Brompton yang menawarkan uang tunai untuk tas tangan desainer, yang dibeli di salah satu dari banyak butik mewah di sekitarnya.

Khawatir meninggalkan jejak digital untuk diikuti oleh suami mereka, para wanita dapat masuk dengan membawa tas tangan Hermes atau Chanel senilai puluhan juta rupiah, yang dibayar dengan kartu kredit suaminya, lalu pergi dengan uang tunai.

Mereka yang membutuhkan dapat membangun tabungan dengan cara ini, tanpa suami (atau lebih mungkin, akuntannya) menjadi curiga. 

Ini adalah pengingat yang mengerikan akan penghinaan dari ketergantungan finansial dan perjanjian pranikah yang kaku. 

Karena apa yang juga harus disadari oleh Dixie dan para penggemarnya adalah menikah demi uang adalah satu hal, dan bertahan hidup jika Anda bercerai adalah hal lain. 

Meskipun hal ini mengkhawatirkan bagi perempuan yang bersangkutan, saya juga prihatin terhadap laki-laki yang, baik sadar maupun tidak, berpartisipasi dalam hal ini. 

Sebagai ibu dari dua anak laki-laki, saya menolak calon pasangan yang menggunakan mereka hanya sekedar sebagai alat untuk meningkatkan gaya hidup, meskipun keduanya belum cukup umur untuk saat ini. 

Jika saya mencurigai seseorang mengincar anak laki-laki saya demi uang mereka, saya lebih suka memberikan cek dan menyuruh mereka pergi.

Ini mungkin terdengar kasar tetapi dalam jangka panjang hal ini akan menyelamatkan kedua belah pihak dari kerumitan dan patah hati.

Nasihat saya kepada para remaja putra sama dengan nasihat saya kepada para remaja putri. 

Menikahlah karena Anda menginginkannya, bukan karena ingin membuat orang lain terkesan. 

Jika semua hal ini tidak dapat membujuk remaja putri di TikTok untuk tidak menindaklanjuti rencana "menikah dengan orang kaya", saya sarankan mereka berupaya mengembangkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi. 

Tanpa hal tersebut, mereka mungkin tidak akan berpijak pada kenyataan dan kehilangan banyak kesempatan. 

Imposter syndrome sama melumpuhkannya bagi wanita di kamar tidur maupun di ruang rapat.

Setiap pandangan dan kata yang diucapkan kepada mereka akan memicu rasa tidak aman yang dipicu oleh rasa takut, bahkan keyakinan, bahwa mereka bukan bagian dari kelompok tersebut. Bahwa mereka tidak memenuhi standar yang mereka bayangkan. 

Ada keinginan untuk menjadi lebih kurus, lebih cantik, lebih sopan, lebih lucu atau apa pun yang dianggap akan membantu menyesuaikan diri. Merasa layak mendapatkan status baru dan karena itu akan berusaha mempertahankannya.

Ini adalah permainan yang kejam dan pada akhirnya tidak akan berhasil. 

Para perempuan yang terjebak di dalamnya menjalani rutinitas perawatan dan pengembangan diri yang tak henti-hentinya, dan selalu berlari lebih cepat untuk tetap berada di posisi mereka. 

Beberapa membayar untuk menumbuhkan rasa percaya diri ini. Di London, seperti di New York, Beijing atau Dubai, terdapat banyak pelatih pribadi, ahli kecantikan atau pelatih etiket untuk membantu para remaja putri yang rentan ini menjadi apa yang mereka inginkan, dengan biaya puluhan juta rupiah.

Itu semua hanya tipuan. Para wanita ini diberitahu bahwa bingung membedakan antara garpu dengan sendok tertentu adalah sebuah kesalahan fatal bagi para pencari status dimana pun. 

Namun kenyataannya tidak terlalu rumit. Jadilah diri Anda sendiri, dan dunia akan menerima Anda apa adanya.

Faktanya, kurangnya kepura-puraan sering kali membuat Anda justru mendapatkan tempat, dan ini tertuang dalam sebuah kisah nyata dalam kasus seorang teman. 

Dia adalah salah satu wanita paling menawan yang saya kenal, memiliki karier singkat di dunia hiburan sebelum menikah dengan seorang produser yang sangat sukses dan kaya. 

Saya benar-benar terharu ketika, pada suatu malam, dia mengucapkan selamat kepada seorang manajer di sebuah restoran di Piccadilly atas keberhasilannya, dengan mengatakan, "Lima tahun terakhir ini sangat menyenangkan. Saya telah beralih dari pelayan di meja ini menjadi customer di meja tersebut dan Anda telah menambahkan bintang [Michelin] lainnya.’"

Tak seorang pun yang hadir berpikir negatif tentang wanita itu. Kami justru tertawa bersamanya, bahagia atas nasib baiknya.

Kurangnya kepura-puraan menunjukkan bahwa dia memiliki satu hal yang tidak dapat dibeli dengan uang: kejujuran. 

Jelas bagi semua orang di meja malam itu bahwa dia menikah karena cinta, bukan uang.

Ketika melakukan kesalahan, yang kita semua lakukan terlepas dari apakah menyelesaikan sekolah atau gagal secara akademis, kita tetap bisa memperbaikinya. 

Sering kali ada anggapan bahwa orang-orang kaya terobsesi dengan status dan siapa yang mereka izinkan untuk masuk atau keluar dari lingkup pertemanannya. 

Namun hal ini juga tidak benar. Mereka tidak memasang kawat listrik di sekeliling taman mereka atau berbicara dengan bahasa alien.

Kebaikan atau sopan santun menghalangi kebanyakan orang untuk menunjukkan kelemahan orang lain, baik yang nyata maupun yang dibayangkan. 

Dan perilaku yang baik, seperti hampir semua hal lain dalam hidup, mudah didapat oleh mereka yang memiliki harga diri yang baik.

Jadi, saran saya untuk para TikToker yang tidak bisa berhenti mengejar orang kaya adalah fokus untuk meningkatkan harga diri mereka.

Tanpa hal ini, para remaja putri akan merasa terancam atau terekspos dan menjadi defensif. 

Saya pernah mendengar mereka melontarkan komentar pasif-agresif seperti, "Saya tidak akan pernah bisa memakainya, tapi itu bagus untuk Anda". 

Yang lainnya mencemooh habis-habisan. Mereka merendahkan seseorang atau suatu tempat karena mereka takut kurangnya pengetahuan mereka akan mengungkap latar belakang mereka yang sederhana.

"Saya tidak percaya Anda akan pergi ke Maladewa lagi," adalah salah satu kalimat yang baru-baru ini saya dengar.

Mungkin mereka merasa sikap merendahkan sama saja dengan menjadi orang kaya. 

Tidak. Ini adalah prasangka usang dan tidak akurat mengenai perilaku orang kaya.

Ini adalah hal yang melelahkan dan juga dijamin akan mengasingkan orang-orang yang sangat membutuhkan konfirmasi dari orang lain ini.

Individu dengan kekayaan yang sangat tinggi tidak membina teman atau pasangan karena mereka dianggap berguna bagi mereka.

Mereka tidak mencari calon istri yang bisa berbahasa Mandarin atau bermain tenis secara profesional. 

Ketika mereka ingin menjalin koneksi untuk bekerja, mereka sudah memiliki jaringan bisnis sendiri yang siap membantu. 

Saat mereka ingin pergi, entah itu ke pulau pribadi atau perjalanan ke luar angkasa, mereka akan menghubungi seseorang. 

Untuk semua hal yang lain, mereka menginginkan pasangan dalam arti sebenarnya. Tapi kita semua juga demikian.

Ini adalah poin yang sebaiknya diingat oleh para calon istri miliarder saat mereka mengikuti panduan langkah demi langkah terbaru untuk mendapatkan seorang miliarder.

Tip utama saya? Pilihlah pria yang membuatmu bahagia, bukan pria yang menurutmu akan membuatmu kaya.


*Diterjemahkan dari artikel Dailymail berjudul: "Why you should never set out to marry rich: And I know because I live in a world full of wives who wish they hadn't!"

*Sumber foto: https://pixabay.com/stevepb



Baca Juga:

Cara mengatasi anak-anak yang kecanduan gadget, ternyata semudah ini, orangtua wajib tahu!

Resiko besar intermittent fasting yang tak terduga, ternyata bisa kena berbagai penyakit ini, waspadalah!

This blog is created to share some experiences and knowledges so we can make a better world together.