7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Saat Social Distancing, Nomor 5 Asyik Banget!

Sudah beberapa waktu #dirumahaja akibat social distancing dan kadang ada yang merasa sangat bosan karena merasa semua hal yang terpikirkan sudah dilakukan. Waktu yang ada rasanya sayang juga kalau dibiarkan berlalu begitu saja hanya dengan tiduran setiap hari sambil main, streaming, atau ngemil.
Nah, buat yang sudah gatal ingin segera beraktivitas dan menjadi produktif lagi, bisa mempertimbangkan untuk mengerjakan hal-hal berikut ini karena tidak hanya dapat mengisi waktu luang tapi juga menambah skill dan juga wawasan kita.

1. Belajar Bahasa Asing
Suka nonton drama dari luar negeri atau menggemari selebritis dari manca negara? Kenapa tidak memanfaatkan ketertarikan tersebut untuk mempelajari bahasa ibu mereka?
Yap, waktu luang yang berlebih bisa juga dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing. Ada banyak situs maupun aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk belajar bahasa lain secara gratis, misalnya Duolingo. Tak heran sekarang hal itu bisa dilakukan secara otodidak.
Dengan mengalokasikan waktu luang yang ada secara rutin untuk belajar bahasa baru, maka begitu kita sudah bisa beraktivitas seperti biasa, kemampuan kita dapat bertambah minimal satu. Meski mungkin belum lancar sekali, setidaknya kita sudah bisa memperkenalkan diri atau melakukan percakapan dasar dalam bahasa yang kita pilih. Bisa bikin CV makin bersinar pula!

2. Kursus Online
Usai menonton video dari Youtuber kesayangan, bisa sempatkan untuk mengikuti kursus online agar waktu luang yang tersisa dapat dimanfaatkan menjadi lebih produktif. Biasanya kursus online mencakup satu materi bahasan dengan durasi pembelajaran mandiri yang tidak begitu lama dan banyak yang tidak memungut bayaran alias gratis, misalnya Alison. Kadang ada pula yang memberikan sertifikat setelah kursus selesai untuk para pesertanya. Penyedia kursus online pun bisa jadi merupakan universitas bergengsi di dunia dengan pengajar yang sudah memegang gelar akademik tinggi. Lumayan dong bisa mendongkrak skill sekaligus bikin resume lebih cantik!

3. Berkarya
Buat yang punya hobi seperti menulis, merajut, menjahit, atau yang lain, maka waktu luang saat social distancing bisa dipakai untuk menekuni hobi tersebut, terlebih kalau misalnya hasilnya bisa dijual untuk menambah pundi penghasilan saat pekerjaan mulai seret di masa pandemik begini.
Ada draft tulisan yang nganggur gegara sibuk selama ini? Atau ada rajutan yang lama belum terselesaikan? Nah, ini dia saatnya untuk merampungkan buku atau syal yang sudah diidamkan sejak lama!
Syal rajutan yang sudah selesai bisa langsung dijual di lapak online seperti Shopee atau Bukalapak sementara buku/novel yang siap terbit bisa segera dipajang di Google Play Books. Buat yang belum punya kemitraan dengan Google Books, klik disini.
Asyik kan kalau waktu luang ternyata bisa turut menunjang penghasilan sambil melakukan hobi yang disukai?

4. Bersih-Bersih
Waktu kosong yang banyak bisa dialokasikan untuk membersihkan tempat tinggal yang mungkin selama ini jarang dilakukan karena berbagai kesibukan. Selain menghabiskan banyak waktu, juga bisa bikin sehat dan membakar banyak kalori karena sama saja dengan berolahraga tanpa harus keluar rumah. Deep cleaning sangat disarankan terutama di musim virus corona agar tidak ada kuman atau bakteri lain yang dapat ikut mengganggu kesehatan

5. Belajar Masak
Thanks to technology, belajar masak zaman sekarang tidak perlu lagi menunggu tayangan masak seminggu sekali di TV. Dengan bantuan internet, kita bisa dengan mudah cari resep dengan bahan apapun yang masih ada di kulkas. Tutorial masak pun sudah banyak sekali bertebaran di berbagai situs baik dalam bentuk gambar maupun video, misalnya di Cookpad, YouTube atau Instagram.
So buat yang ingin tetap makan enak meski banyak restoran favorit yang tutup saat pandemik corona, bisa segera browsing karena resep duplikasi restoran ada banyak sekali, misalnya disini.
Siapa tahu karena sudah gape masak, selanjutnya terinspirasi buat buka restoran atau catering. Yah, setidaknya bisa lebih hemat dan tidak merepotkan orang lain saat sedang lapar 😉

6. Baca, Baca, Baca!
Banyaknya waktu luang bisa digunakan untuk membaca buku-buku yang dulu pernah dibeli namun belum sempat disentuh karena sibuk di luaran. Kalaupun koleksi buku yang ada sudah disikat habis, ada begitu banyak e-book yang bisa dilahap secara online, baik versi berbayar maupun gratis misalnya di Amazon Kindle atau Google Books. Beberapa perpustakaan pun ada yang bisa meminjamkan koleksi e-book mereka secara online.
Kalau sudah tidak ada lagi buku elektronik yang menarik hati, maka bisa baca artikel atau apapun yang bisa menambah pengetahuan di situs-situs populer semacam NASA atau National Geographic jadi ada banyak wawasan baru yang didapat usai self-quarantine.

7. Tingkatkan Ibadah
Di masa sulit seperti sekarang ini, berdoa pada Tuhan bisa jadi salah satu senjata yang ampuh untuk tetap optimis dan bersemangat. Buat yang beragama Islam, waktu yang kosong bisa dipakai untuk meningkatkan ibadah-ibadah sunnah seperti sholat Dhuha, sholat Tahajjud, puasa Senin-Kamis, tadarusan, dan yang lainnya. Dengan demikian selain menambah pahala dan iman, juga turut membudayakan kebiasaan baik agar setelah pandemik selesai, kita sudah mulai bisa lebih banyak beribadah. Kalau belum terbiasa memang kadang sedikit kurang antusias saat melakukannya tapi kalau dilatih sedikit demi sedikit, bisa saja jadi keterusan, seperti yang diceritakan disini.

Itu dia tujuh kegiatan produktif yang bisa dilakukan saat social distancing agar waktu yang tersedia tidak begitu saja terbuang sia-sia. Jangan lupa untuk tetap #dirumahaja selagi pandemik corona masih belum mereda sebab dengan demikian maka kita sudah berpartispasi dalam upaya untuk memerangi virus corona. Kalaupun harus keluar rumah, maka usahakan untuk melakukan physical distancing dan hindari potensi bertemu banyak orang dalam satu waktu.
#Stayhealthy and #staysafe guys 😊


Baca Juga:








Yuk Masak Sendiri 5 Resep Kekinian Ala Resto #Dirumahaja !

This blog is created to share some experiences and knowledges so we can make a better world together.