Heboh Corona, Begini Cara Bikin Masker dan Hand Sanitizer Sendiri (DIY)


Akibat diumumkannya kasus positif Corona yang pertama di Indonesia, hand sanitizer dan masker sempat menjadi barang yang sangat langka di pasaran. Hampir semua toko/apotek menyatakan stok mereka kosong, belum lagi jika ada lapak yang menjualnya pun harganya bisa berkali-kali lipat. Bahkan ada yang berani menjual sampai 30 juta rupiah untuk satu boks masker berisi 50 pcs, padahal biasanya hanya seharga 25 sampai 30 ribuan saja.
Agar tidak menjadi sasaran empuk pedagang nakal yang mencoba mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya saat Corona merebak, berikut ini cara membuat masker dan hand sanitizer sendiri.

Masker
Ada beberapa cara untuk membuat masker DIY untuk mengantisipasi penularan virus Corona bagi yang aktif berkegiatan di tempat umum, entah dari tisu atau kain. Berikut beberapa di antaranya:

1. Masker DIY Tisu
Masker ini dibuat atas rekomendasi beberapa dokter di sebuah universitas di Hongkong.

Bahan-bahan:
- tisu dapur
- tisu biasa
- selotip
- karet/tali
- gunting
- staples dan pembolong kertas (jika ada)

Cara membuat:
1. Dengan tangan yang bersih dan permukaan yang steril, tumpuk dua buah tisu dapur, lalu lapisi dengan tisu biasa. Potong jadi dua bagian
2. Selotip dua bagian sisinya. Bisa ditambahkan staples apabila ada agar semakin kuat
3. Buat dua buah lubang di bagian kanan dan kirinya dengan pembolong kertas/gunting
4. Pasang tali/karet di kedua sisinya

Untuk tutorial videonya, bisa dilihat disini:


2. Masker DIY Kain
Jika tisu sudah mulai langka atau tidak tersedia, mungkin masker dari kain bisa jadi alternatif. Cara membuatnya pun cukup mudah dan hanya perlu dua buah bahan yaitu karet/tali dan saputangan/kain dalam ukuran kecil, tanpa perlu kemampuan menjahit.
Caranya yaitu lipat kain menjadi tiga bagian lalu loloskan dua buah karet/tali ke dalam kain. Lipat kembali kain ke dalam area mulut dengan rapi dan masker pun siap digunakan.
Untuk lebih jelasnya, simak disini:


Cara membuat masker kain yang kedua lebih simpel dan bahannya cukup kain/lap atau saputangan yang tersedia. Kalau tidak ada saputangan atau kain/lap, bisa ambil dari baju yang sudah jarang dipakai dan digunting sesuai kebutuhan.
Cara membuatnya yaitu lipat kain/saputangan/lap menjadi segitiga dan ikatkan ke wajah ala anak biker.


Berikut ini tingkat efektivitas berbagai jenis masker sebagaimana yang disampaikan oleh pemerintah, bisa dipilih sesuai dengan ketersediaan di tempat masing-masing.



Hand Sanitizer
Karena hand sanitizer juga termasuk komoditi yang ikutan langka dan harganya melonjak, maka bikin sendiri di rumah bisa jadi suatu pilihan. Berikut beberapa alternatif cara membuat hand sanitizer secara mandiri:

1. Hand Sanitizer DIY with Aloe Vera Gel
Bahan-bahan:
- 2/3 cup alkohol 70% (bisa dibeli di apotek)
- 1/3 cup aloe vera gel (berbagai merk boleh, misalnya Smooto, Purbasari, Wardah, dll)
- 8-10 tetes essential oil (opsional, boleh diskip)
- mangkok
- sendok
- botol kecil

Cara membuat:
Campurkan semua bahan (alkohol, aloe vera gel, dan essential oil) ke dalam mangkok sampai tercampur rata lalu masukkan ke dalam botol kecil. Done!

2. Hand Sanitizer DIY with Alcohol 70%
Kalau tidak tersedia aloe vera gel di sekitarmu, bisa pakai alkohol 70% dan masukkan ke botol spray kosong yang sudah dibersihkan. Semprotkan kapanpun diperlukan.

3. Hand Sanitizer DIY with Sirih
Kalau alkohol 70% sudah langka atau dirasa terlalu mahal, hand sanitizer DIY dari daun sirih dan jeruk nipis ini mungkin bisa jadi suatu alternatif. Racikan ini diperoleh dari Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR Dr. Retno Sari M.Sc., Apt. Berikut ini bahan hand sanitizer alami tersebut:
- 50 gram daun sirih hijau
- air jeruk nipis 20 ml
- air matang secukupnya

Untuk pembuatan ekstrak daun sirih hijau:
Daun sirih dicuci dan ditiriskan, kemudian potong kecil. Masukkan wadah, tambahkan air matang kira-kira sejumlah 150-200 ml sampai sirih terendam. Siapkan panci berisi air. Letakkan diatas kompor. Nyalakan api kecil.
Masukkan wadah berisi sirih dan air kedalam panci berisi air tersebut. Panaskan pada suhu 90 derajat celcius selama 15 - 30 menit Dinginkan rebusan daun sirih kemudian disaring. Tambahkan air sampai 200 ml

Untuk pembuatan 100 ml hand sanitizer :
- 40 ml ekstrak daun sirih
- 5-10 ml air perasan jeruk nipis yg telah disaring
- 50-45 ml air

Campur rata, saring dengan kertas saring dan masukkan ke dalam botol semprot.

Tutorial videonya bisa dilihat di bawah ini:



Meskipun sudah dibekali dengan masker dan hand sanitizer, sebisanya tetap #dirumahaja saat virus Corona masih belum reda. Kalaupun terpaksa harus keluar, usahakan sesingkat mungkin, hindari kerumunan dan jaga pola hidup sehat. Jika diperlukan, beberapa saran dari Tips Menghadapi Wabah Flu mungkin bisa membantu.

Stay healthy, everyone! ☺


Baca Juga:








Tips Menghadapi Wabah Flu


Dirangkum dari:
https://m.liputan6.com/amp/4192611/tak-perlu-beli-begini-cara-bikin-hand-sanitizer-sendiri-di-rumah
https://m.liputan6.com/amp/4192115/harga-melonjak-begini-cara-mudah-bikin-masker-pakai-sapu-tangan
https://www.indozone.id/amp/Pjsgnp/harga-masker-naik-coba-buat-masker-sendiri-dengan-bahan-sederhana
https://youtu.be/IHwgRjghPSk

This blog is created to share some experiences and knowledges so we can make a better world together.